Jika berbicara tentang besi beton, mungkin beberapa orang hanya berpikir untuk keperluan konstruksi saja. Namun, tahukah jika ada berbagai kerajinan dari besi beton? Tentu saja tampilannya pun sangat indah.

Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari bahan tersebut. Mungkin saja akan terinspirasi untuk membuat kerajinan unik ini, baik untuk keperluan pribadi maupun menjadi ladang bisnis.

Ide Kerajinan dari Besi Beton untuk Hiasan Rumah

Sekilas Tentang Besi Beton

Pada dasarnya, besi beton merupakan salah satu jenis besi dan biasanya dipakai untuk keperluan penulangan konstruksi beton. Beberapa orang juga kerap menyebutnya dengan istilah beton bertulang. Beton bertulang memang dinilai bisa memikul beban jauh lebih besar.

Jenis besi beton pun ada beragam, yakni besi ulir (deformed bar) dan besi polos (plain bar). Sesuai namanya, ciri besi polos adalah mempunyai permukaan licin berbentuk bundar, sementara itu besi ulir mempunyai permukaan berbentuk seperti sirip ikan melintang.

Apa Saja Fungsi dari Besi Beton?

Bahan konstruksi ini mulai marak digunakan pada tahun 1950 dan menjadi elemen penting dalam pembangunan gedung-gedung tinggi. Sebelumnya, proyek-proyek seperti ini masih menggunakan baja profil, barulah setelah itu konstruksi beton mulai dipakai karena berbagai kelebihannya.

Jadi, bisa dibilang material ini memiliki fungsi yang sangat penting di berbagai jenis pembangunan. Bahkan, saat ini hampir semua pembangunan menggunakan konstruksi beton seperti terowongan, bendungan, jembatan, bangunan, drainase, dan masih banyak lagi. Menariknya, saat ini malah bermunculan kerajinan dari besi beton yang menambah fungsi baru.

Baca Juga : Daftar Pabrik Baja milik Badan Usaha Milik Negara

Kelebihan serta Kekurangan Besi Beton

Alasan kenapa bidang konstruksi mulai sering menggunakan material ini tentu saja karena memiliki berbagai kelebihan. Lalu, apa saja kelebihan tersebut?

  • Struktur lebih kukuh
  • Mampu menahan tekanan yang cukup besar
  • Memiliki daya tahan lebih lama
  • Tahan air dan karat
  • Tahan api
  • Bisa diaplikasikan pada berbagai bentuk
  • Instalasi bisa dilakukan oleh berbagai tenaga

Akan tetapi, di sisi lain material ini juga ada kekurangan. Jadi, sebelum berlanjut ke pembahasan tentang kerajinan dari besi beton, akan lebih baik jika menyimak terlebih dahulu daftar kekurangan berikut.

  • Waktu pengerjaan cenderung lama
  • Perlu menggunakan tulangan tarik untuk menambah daya kuat tarik
  • Biaya mahal untuk bekisting hingga sepertiga total biaya
  • Kualitas beragam tergantung pembuatnya
  • Cenderung sulit mengontrol penuangan serta perawatan dengan ketepatan maksimum

Berbagai Kerajinan dari Besi Beton

Berikut ini terdapat beberapa ide menarik untuk membuat kerajinan dari besi beton. Nantinya, kerajinan tersebut bisa dipajang sebagai hiasan dekorasi rumah kamu. Apa saja itu?

1. Meja kursi

Kerajinan yang pertama adalah meja dan kursi. Dua perabot ini memang cukup penting kehadirannya di setiap rumah untuk diletakkan di teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan lain-lain. Biasanya meja kursi terbuat dari bahan kayu karena memiliki karakter lebih kukuh.

Akan tetapi, jika merasa bosan dan ingin mencoba hal baru, kamu bisa membuat meja dan kursi menggunakan besi beton. Besi ini bisa menjadi kerangka yang cukup kuat. Untuk menambah kenyamanan, kamu dapat menambahkan bantal baik di bagian alas maupun sandaran pada kursi.

Sementara itu, pada meja pun sama, yakni gunakan besi sebagai kerangka utama. Setelah itu, untuk papan bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lain yang kukuh. Jangan lupa untuk mempercantik dengan cat supaya terlihat lebih indah.

Baca Juga : Jual Kawat Bendrat Surabaya Termurah

2. Rak buku

Kerajinan berikutnya adalah rak buku. Bagi yang memiliki hobi membaca buku, tentu rak sangat diperlukan agar buku-buku tersebut bisa tersimpan dan tertata dengan rapi. Pada umumnya, rak ini terbuat dari bahan kayu.

Akan tetapi, apabila kamu ingin membuat kombinasi antara besi beton dan kayu tentu akan sangat menarik. Rak tersebut akan memiliki konstruksi yang lebih kuat sehingga tidak perlu khawatir ketika harus menyimpan buku dalam jumlah banyak.

3. Rak dapur

Rak dapur berfungsi untuk menyimpan berbagai alat-alat dapur seperti piring, gelas, sendok, pisau, dan semacamnya. Oleh karena itu, diperlukan konstruksi yang kuat agar bisa lebih aman menyimpannya. Di sinilah penggunaan besi beton bisa membantu dalam urusan konstruksi.

4. Tatakan pot

Mungkin kerajinan tatakan pot ini sudah kerap ditemui, yakni diaplikasikan sebagai tatakan pot. Seperti kita ketahui, tatakan ini berfungsi sebagai peletakan pot sehingga terlihat lebih menarik. Ada berbagai macam desain yang bisa digunakan tergantung selera masing-masing.

Kerajinan ini sangat cocok bagi kamu pecinta tanaman hias atau memang sedang menjalani bisnis kebutuhan tanaman. Setelah terbentuk menjadi tatakan, tambahkan cat berwarna putih atau cokelat agar terlihat lebih indah.

5. Hiasan dinding

Besi beton juga bisa dibuat sebagai hiasan dinding. Nantinya bahan ini dapat dibentuk ke berbagai hal seperti burung, kepala rusa, simbol hati, dan sebagainya. Tentu saja di akhir harus ditambahkan cat sebelum dipajang di ruang tamu atau ruang keluarga kamu.

Itulah tadi beberapa ide kerajinan dari besi beton yang bisa kamu coba. Silakan berkreasi sebebas mungkin dan langsung pajang di rumah kamu sebagai bahan dekorasi yang cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.