Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang daftar pabrik baja yang ada di Indonesia.

Alangkah lebih baiknya apabila terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu perbedaan besi dan baja.

Pasalnya masih banyak sebagian orang yang menganggap bahwa besi dan baja itu serupa padahal berbeda.

Adapun perbedaan besi dan baja yang pertama ini dilihat dari material pembentuknya.

Baja adalah jenis logam dari hasil gabungan beberapa bahan seperti besi, karbon, kromium, nikel, silikon, sulfur, mangan, alumunium, nitrogen, dan oksigen.

Sementara itu, besi tersusun dari unsur tunggal dan tidak tercampur dengan jenis logam manapun.

Selanjutnya besi dan baja juga mempunyai karakter yang tidak sama, dimana besi lebih mudah berkarat dan baja mempunyai sifat lebih tahan terhadap cuaca lembab atau anti karat.

Walaupun besi mudah karatan, namun besi lebih elastis sedangkan baja ini bersifat kaku.

Maka tak heran apabila daya tarik baja lebih kyat karena adanya karbon bahkan sangat kuat ketimbang besi murni.

Baja sendiri mempunyai sifat diantaranya tangguh, ulet, mudah diproses dan dibentuk, mudah diubah dengan karbon atau perlakuan panas, kadar karbon lebih rendah daripada besi.

Daftar pabrik baja yang ada di Indonesia:

Ada banyak Pabrik Baja yang terkenal di Indonesia. berikut ini daftar lengkapnya:

  • CV. Besi Surya Sentosa

Kami CV. Besi Surya Sentosa menjadi perusahan Besi Baja yang melayani berbagai pengiriman seluruh indonesia untuk proyek berskala menengah maupun proyek besar. kami berharap bisa bekerja sama dengan anda Langsung saja Hubungi Kami disini

  • Pabrik Beton Jaya Manunggal

    Pabrik besi baja terbesar di Indonesia pertama adalah Beton Jaya Manunggal.

    Pabrik ini berdiri sejak Februari tahun 1995 silam dan memproduksi baja besar yang mana berlokasi di Gresik atau Jawa Timur.

    Adapun produk besi yang diproduksi ini beraneka ukuran dan berdasarkan sumber resmi mampu memproduksi hingga 30.000 ton besi pertahun.

    Untuk ukuran besi bajanya sendiri beraneka macam mulai dari 6 m hingga 12 m dan pabrik ini pun mampu menyediakan produk dalam jumlah sesuai yang diinginkan, tetapi juga memenuhi standar kualitas perusahaan.

    Sementara itu, dari segi kualitas, pabrik Beton Jaya Manunggal pernah meraih penghargaan Business Indonesia Award di tahun 2009 dalam bidang industri.

    Sekarang ini perusahaan BJM telah memasarkan produk besi bajanya ke beberapa wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa Barat.

  • Perusahaan Krakatau Steel

Krakatau Steel adalah perusahaan BUMN yang kita tahu bergerak dalam bidang produksi besi baja.

Kemudian, perusahaan ini berada di daerah Cilegon, Banten dan merupakan pabrik baja yang mampu mendukung perkembangan industri nasional dan ekonomi nasional.

Pada 20 Mei 1962 silam, Krakatau Steel masih bernama Cilegon Steel Mill dan resmi berdiri dengan kerja sama Tjazpromexport dari Uni Soviet.

Akan tetapi karena adanya gejala politik dan ekonomi parah sehingga proses pembangunan dihentikan sementara.

Hingga pada awal tahun 1970 proses pembangunan dilanjutkan kembali secara resmi pada tanggal 31 Agustus 1970 dengan nama Krakatau Steel.

Perusahaan Krakatau Steel merupakan perusahaan yang paling terpercaya dari segi kualitas dan distribusi produk ke berbagai proyek konstruksi di seluruh Indonesia.

Diketahui beberapa produk yang diproduksi oleh PT Krakatau Steel antara lain baja lembaran panas, baja lembaran dingin dan batang kawat.

Untuk jasanya sendiri, meliputi rekayasa dan konstruksi, pemeliharan mesin, konsultasi teknis dan juga penyediaan infrastruktur-suprasturktur.

Perusahaan yang bernaung di BUMN maka tak heran apabila Krakatau Steel telah melebarkan sayapnya hingga ke beberapa wilayah di Indonesia, begitu juga perusahaan besar dunia.

Maka dari itu dari segi kualitas yang terjamin dan harga produknya yang lumayan bersaing.

  • Perusahaan Gunawan Dianjaya Steel

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1989 di kota Surabaya dan industri dari perusahaan ini merupakan industri rolling mill plat baja yang terkenal hingga di kawasan ASEAN.

Diketahui Gunawan Dianjaya Steel adalah perusahaan besi baja di Indonesia yang juga bertanggung jawab terhadap sosial perusahaan.

Hal ini terlihat dari beberapa produk yang diproduksi dari perusahaan besi baja ini yang mana telah teruji kualitasnya.

Kemudian, produknya pun dibuktikan dengan adanya pemberian sertifikat SNI yang diperoleh perusahaan ini pada tahun 2015 lalu.

Dimana penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Balai Riset dan Standarisasi Industri kota Surabaya.

Selain itu, perusahaan ini juga mempunyai kualitas produk yang telah teruji yang mana terlihat pada konstruksi besi ataupun baja sebagai kebutuhan utama misalnya dalam pembuatan pagar panel atau beton precast.

  • Perusahaan Toyoguri Iron Steel

Perusahaan besi baja lain adalah Toyogori Iron Steel yang berdiri sejak tahun 1974.

Pabrik ini berlokasi di daerah Bekasi dan diketahui merupakan pioneer industri baja dengan fasilitas produk paling lengkap.

Bahkan proses produksinya sendiri sangat kompleks dari pertama hingga proses akhir yang akan dijabarkan sebagai berikut ini:

  1. Besi tua dikumpulkan dan lalu dipilih berdasarkan jenisnya.
  2. Besi tua dilebur dalam sebuah tungku sejenisElectric Arc Furnace dan lalu baja cair disempurnakan komposisi kimianya lewat injeksi karbon dan ditambahkan ferro.
  3. Setelah baja cair telah mencapai komposisi kimia yang pas atau sesuai suhu yang dibutuhkan lalu baja cair tersebut di-tapping menjadi bentuk billet baja.
  4. Setelah berbentuk billet baja lalu tinggal dimasukkan ke dalam Reheating Furnace agar mendapatkan suhu yang tepat.
  5. Langkah berikutnya billet akan melewati Rolling Mill untuk kemudian diproses menjadi baja tulangan.
  6. Selanjutnya ialah proses pembuatan besi tulangan.
  7. Baja tulangan lalu ditimbang dan dihitung dengan menggunakan mesin
    menghitung. Nanti baja tulangan akan dikemas dan disimpan dalam gudang dan siap untuk distribusikan, namun sebelumnya ditimbang ulang lebih dulu.

2 thoughts on “Daftar Pabrik Baja milik Badan Usaha Milik Negara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.